Google

Friday, May 2, 2008

Mendapatkan uang dengan blogging, benar atau tidak sih..?

blog marketingBanyak Blog yang menamakan dirinya sebagai monetize blog, blog money dan blog marketing, benarkah sebuah blog dapat dijadikan sebagai media penjualan atau media yang bisa menghasilkan uang buat kita, bagaimana caranya agar produk dan service yang ada terpasang pada blog kita bisa terjual, atau bisa menghasilkan uang. padahal kita tidak bertemu dengan calon customer kita, bagaimana bisa terjadi sebuah transaksi, Banyak pertanyaan seperti ini pasti muncul saat pertama kali kita membaca topik itu, hal ini berkaitan dengan terjadinya sebuah transaksi oleh seorang customer dalam dunia nyata. seperti yang kita ketahui terjadinya sebuah transaksi dalam dunia nyata, adalah pertemuan antara penjual dan calon pembeli, dan disini biasanya calon pembeli tersebut mencari produk yang dia inginkan dan bukan yang penjual inginkan. apakah dalam dunia online berlaku hukum seperti itu.

Pada dasarnya sebuah blog atau website adalah sebuah media layaknya sebuah media televisi yang sifatnya adalah menghibur, memberikan informasi baru, dan media advertising yang efektif. mengapa, kalau bukan karena itu mengapa yahoo dan google menginvestasikan begitu besar dalam hal yang satu ini. Media television dan media surat kabar demikian juga berlomba - lomba untuk bersaing dalam memberikan porsi kepada advertising yang mereka bisa raih.


Perkembangan blog dan website yang demikian pesat saat ini, berdampak pada pasar potensial bagi advertising itu sendiri, mengapa, sebuah blog dapat diposisikan sebagai :

1. Sales Force
sales force, mengapa, sebagai sales force, seperti halnya sebagai seorang salesman yang bertugas menjual suatu product, dengan menjelaskan langsung tatap muka kepada calon customernya secara panjang lebar mengenai keutamaan productnya, maka demikian juga dengan blog atau website yang kita buat, kita dapat menjelaskan mengenai keutamaan ataupun kelemahan suatu product atau service secara tepat, jelas dan singkat dengan tulisan yang kita buat, sehingga calon customer kita bisa membaca secara tepat dan jelas pula. Inilah mengapa sebuah blog dapat dikatakan sebagai sales force suatu product maupun service.

2. Public Relation
Sebagai sebuah public relation otomatis tugas kita adalah hampir sama dengan seorang public relation sebuah company product, dia harus mampu menjembatani antara perusahaan dengan para consumen, mangadakan kerjasama dengan perusahaan lain, demikian juga blog atau website yang kita gunakan, kita harus memberikan kemampuan dan pengetahuan kita agar blog atau website yang kita kelola ini mampu untuk menjadi public relation dari sebuah product maupun service yang ditawarkan kepada kita.

Hal ini lah yang menjadikan sebuah blog atau website, menjadi media yang dapat menghasilkan uang hanya dengan menampilkan atau menjelaskan sebuah product atau service dengan karateristik yang berbeda dengan media yang lainnya. Jadi kenapa harus ada pertanyaan seperti diatas, buatlah sebuah blog karena blog akan menjadi mesin uang buat kita.

No comments:

Search Engine Optimization - AddMe ss_blog_claim=882a91a717f74c79444d0f451d00895e